4 Saran Melakukan Kegiatan Senam Bersama Anak


4 Saran Melakukan Kegiatan Senam Bersama Anak

Olahraga merupakan kegiatan melatih pergerakan otot tubuh. Dimana kegiatan ini dilakukan untuk kebugaran tubuh dan meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Kegiatan ini akan membantu kesehatan tubuh dalam melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas. Tubuh menjadi ringan ketika melakukan kegiatan olahraga rutin dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung maupun kolesterol.

Olahraga wajib dilakukan oleh segala kalangan usia terkecuali bayi. Anak -anak juga membutuhkan kegiatan olahraga dalam menunjang kesehatan mereka. Ada banyak jenis kegiatan olahraga yang dapat digeluti oleh anak. Bahkan beberapa anak berbakat dalam bidang tersebut dan meniti karir pada kegiatan tersebut. Tetapi, ada baiknya anda melakukan olahraga ringan dalam setiap hari untuk menunjang kesehatan tubuh.

Selama masa pandemic berlangsung, anak – anak banyak menghabiskan waktu di rumah. Seluruh layanan pendidik menggunakan sistem internet dalam menjelaskan kegiatan edukasi tersebut. Kegiatan daring yang dilakukan tersebut menyebabkan anak – anak banyak menghabiskan waktu didepan layar laptop dan jarang melakukan kegiatan olahraga. Sebab itu, melakukan kegiatan olahraga bersama anak di rumah bukan ide yang buruk. Anda dapat melakukannya untuk menunjang kesehatan anak anda.

Salah satu jenis kegiatan olahraga yang dapat dilakukan dirumah bersama dengan anak adalah senam anak. Kegiatan ini dapat dilakukan didalam rumah bersama anak. Kegiatan senam anak terdiri atas serangkaian gerakan untuk meregangkan otot tubuh yang banyak digunakan dalam beraktivitas. Kegiatan senam anak dapat dilakukan pagi hari bersama anak dalam jangka waktu yang singkat. Berikut merupakan beberapa tips melakukan senam anak bersama yang baik dan benar :

  1. Melakukan pemanasan sebelum melakukan senam anak

Kegiatan ini dilakukan untuk meregangkan otot saat akan melakukan senam anak. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kram otot saat melakukan senam anak. Kram otot disebabkan oleh otot yang terkejut karena digerakan dengan berat saat kegiatan tersebut berlangsung.

  1. Melakukan pendinginan setelah melakukan senam anak

Kegiatan ini wajib dilakukan untuk mengistirahatkan otot setelah melakukan serangkaian gerakan senam anak. Kegiatan ini berfungsi untuk mengembalikan fungsi otot sehingga tidak tegang setelah melakukan senam anak.

  1. Melakukan senam anak pada pagi hari

Melakukan kegiatan senam anak dipagi hari akan lebih menyehatkan. Sebab, anak dapat berolahraga sembari mendapatkan sinar matahari. Terlebih pada pagi hari anak masih dalam kondisi fresh untuk melakukan berbagai kegiatan.

  1. Mengajarkan gerakan yang benar dan tepat kepada anak

Ketika melakukan senam anak, ada baiknya anda memastikan gerakan yang dilakukan mudah dilakukan oleh anak anda. Hal ini dikarenakan gerakan yang sulit dipahami anak akan membuat mereka mudah mengalami cedera otot ketika melakukan senam anak tersebut.