Bagaimana Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil?


Bagaimana Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil?

Masa kehamilan merupakan saat-saat yang cukup rentan. Selama masa tersebut pemenuhan nutrisi ibu hamil harus mendapatkan prioritas karena menentukan kesehatan calon ibu dan bayinya. Oleh sebab itu, saat Anda dinyatakan hamil maka sebaiknya perhatikan konsumsi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, kekurangan nutrisi selama masa kehamilan bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

Beberapa Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Menurut beberapa ahli, kebutuhan nutrisi ibu hamil berbeda-beda tergantung dari usia kehamilannya. Namun, secara umum agar bayi yang dikandung tumbuh dengan baik maka ibu hamil harus mengonsumsi makanan dengan kandungan seperti di bawah ini.

  1.   Tinggi kalori

Kebutuhan kalori ibu hamil cukup besar yaitu sekitar 2150-2250 Kkal tiap hari. Namun, jumlah tersebut bervariasi tergantung usia kehamilan dimana jumlahnya bisa bertambah tiap trimester kehamilan. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan jumlah yang cukup banyak serta sumber yang bervariasi.

  1.   Protein

Selama masa kehamilan Anda disarankan untuk mengonsumsi 40-70 gram protein tiap hari untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin. Sedangkan untuk sumbernya beberapa ahli menyarankan agar ibu hamil rutin mengkonsumsi daging tanpa lemak, ikan laut, daging ayam, telur serta berbagai jenis kacang-kacangan.

  1.   Asam folat

Asam folat sangat diperlukan terutama di masa-masa awal kehamilan sebab bisa melindungi bayi dari risiko lahir prematur serta cacat tabung saraf. Asam folat sendiri banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau, gandum, kacang-kacangan serta berbagai serealia.

  1.   Karbohidrat

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 8-10 porsi karbohidrat tiap hari sebagai sumber energi utama bagi ibu hamil. Kekurangan karbohidrat selama kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Oleh sebab itu, konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan.

Tips memenuhi nutrisi selama masa kehamilan

Tidak semua ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik terutama di masa-masa awal kehamilan. Hal ini kerap disebabkan oleh morning sickness yang kerap membuat rasa mual dan tidak nafsu makan.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa ahli menyarankan agar ibu hamil menghindari berbagai makanan terutama makanan cepat saji serta makanan pedas dan berlemak tinggi. Ibu hamil lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi serta menambah jumlah konsumsi air minum.

Jika dirasa masih berat, Anda bisa menambahkan jus untuk menambah asupan vitamin selama kehamilan. Selain itu, agar meningkatkan nafsu makan ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga ringan secara rutin. Dengan begitu, perkembangan janin tidak akan terganggu.

Pemilihan makanan selama masa kehamilan memang tidak boleh sembarangan terutama bagi vegetarian. Namun, memenuhi nutrisi ibu hamil saja tidak cukup. Anda harus sering melakukan pemeriksaan kesehatan agar kesehatan ibu dan bayi bisa dipantau dengan baik. Bila perlu, lakukan konsultasi dengan ahli gizi jika dirasa mengalami kendala dalam hal makanan.